Berita Mentawai: PEKAN BUDAYA TAHUN 2010

Jumat, 14 Mei 2010

PEKAN BUDAYA TAHUN 2010



Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Mentawai mempunyai dua program, yaitu Pekan Budaya dan Silainge-Siokko. Acara Pekan budaya dipersiapkan dengan membawa beberapa pemuda dari Desa Madobag yang memiliki kemampuan menari (turuk laggai) dijemput oleh salah satu staf Dinas Pariwisata ke Desa Madobag dan dibawa ke Tuapejat untuk acara Pekan Budaya yang akan digelar pada hari Minggu malam, tanggal 16 Mei tahun 2010.
Acara pekan budaya sering terjadi dan menampilkan budaya Mentawai sebagai symbol bahwa kebudayaan Mentawai memiliki suatu keunikan. Selain itu sebagai ajang promosi bahwa kebudayaan Mentawai masih ada dan utuh serta berkembang secara beregenerasi.Selain itu didirikan juga stan Kabupaten Mentawai selama pekan budaya digelar. Namun pada tanggal 19 Mei team Bumi Sikerei mengunjungi stand. Kiranya di dalam stand belum begitu ada banyak yang dipromosikan, nampak ada koraibi, kalung mentawai dan beberapa sovenir ikan yang terbuat dari plastik. Padahal kerajinan tangan Mentawai sangat banyak tetapi belum maksimal pemanfaatannya.
Pada dasarnya kebudayaan Mentawai sangat terkenal karena bersifat tradisional yang memiliki nilai-nilai kehidupan yang selaras dengan alam dan lingkungannya.
Ada beberapa manfaat pagelaran kebudayaan, sebagai berikut :
1. Lestarinya budaya dan nilainya
2. Ilmu pengetahuan kebudayaan bangsa
3. Membangkitkan kesadaran masyarakatkan tentang keberadaan kebudayaan Mentawai
4. Dll.
Kebudayaan merupakan suatu identitas yang sifatnya mendasar dari lahir sampai akhir hayat. Banyak hasil atau nilai kebudayaan Mentawai, dan bukan hanya antraksi tari saja, melainkan hasil-hasil karya dari seni kerajinan tangan serta cara hidup orang Mentawai.
Harapan kedepan pihak dinas Pariwisata Mentawai tidak hanya melihat dari segi materi, namun memiliki niat untuk lebih mengembangkannya sebagai program yang bermutu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERIKAN KOMENTAR YANG LAYAK