Berita Mentawai: GERAKAN AMA - PM " WHAT?"

Sabtu, 22 Mei 2010

GERAKAN AMA - PM " WHAT?"


Begitu gempitanya issu masuknya sawit di Mentawai. Kadang terjadi di kedai kopi, kedai nasi, atas kapal dan tempat-tempat lainnya yang cocok untuk diskusi. Masyarakat Mentawai mulai terpecah-belah akibat kebijakan Bupati Kepulauan Mentawai. Ada yang mendukung dan ada yang tidak mau mendukung. Ironisnya, hampir pejabat PEMDA Mentawai mendukung masuknya sawit di tanah masyarakat adat. Namun kekuatan masyarakat adat seperti seekor macan ompong.

Dalam persoalan masa depan masyarakat adat, dan persoalan kehancuran masyarakat adat, nampaknya Aliansi Masyarakat Adat Peduli Mentawai (AMA-PM) hanya nama saja. Tidak ada manfaat dan fungsinya magi masyarakat adat lembaga tersebut. Mahasiswa melakukan gerakan, AMA_PM sembunyi diketiak persoalan. Nampaknya kata "Peduli" dalam nama lembaga itu "Omomg kosong". Tidak kritis,dan tidak politis, hanya sebuah lembaga yang tidak bersenyawa.

Kalau AMA-PM sebuah lembaga masyarakat adat, seharusnya sudah mulai melakukan gerakan-gerakan masyarakat adat, toh! sawit akan masuk di dalam wilayah tanah masyarakat adat. Dimana kedaulatanmu AMA-PM? Dimana VISI dan MISI mu yang menggebu itu seperti deru ombak yang memecah di tepi pantai, tapi tidak berbahaya. MAsyarakat adat adalah pilarnya negara. Sekarang negara mau memporak-porandakan masyarakat adat melalui kebijakan pemerintahannya, hak, harkat, martabat dan HAM selalu masyarakat adat jadi korban. Oleh karena itu harapan saya kepada AMA-PM tunjukkan kerakyatanmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERIKAN KOMENTAR YANG LAYAK