Berita Mentawai: Dampak Buruk Pabrik Sawit pada lingkungan

Sabtu, 08 Mei 2010

Dampak Buruk Pabrik Sawit pada lingkungan





Pada dasarnya dimana ada kelapa sawit disitu juga ada pabriknya. Oleh karena itu dampak pabrik kelapa sawit sangat luar biasa dalam kehidupan masyarakat terutama asap dan limbahnya. Limbah pabrik jelas akan keluar kesungai atau laut, sedangkan asapnya akan terus dihirup. Daerah Mentawai secara original merupakan pusat udara yang bersih dan masyarakat menikmati hal itu. Bagaimana dengan kehadiran pabrik sawit nantinya? Hutan Mentawai hancur, asap membumbung tinggi dan menyebar kesemua seantero daerah, tentu tidak alagi lagi penyaring karena hutan habis dibabat oleh perusahaan. Kerugian yang terbesar bagi Mentawai adalah hilangnya hutan, dan terjadinya polusi atau pencemaran udara maupun air/laut. apakah ini yang diinginkan Pemda Mentawai? Apakah generasi kedepan tidak akan mengutuk pemimpin Mentawai ketika mereka yang akan merasakan selama 60 tahun dalam masa pertumbuhannya dengan seiring lamanya perusahaan beroperasi? Setiap kebijakan Pemda Mentawai masih sangat tidak melihat dari segi filosofis, sosiologi dan yuridis.

Kekuatiran kedepan akan munculnya perusahaan kelapa sawit adalah terjadinya komplik sosial termasuk sengketa hak tanah dan sumberdayanya sering disebabkanoleh ekspansi lahan perkebunan.Ada lebih dari 500 kasus konflik sosial di sektor
perkebunan kelapa sawit Indonesia, terutama soal hak atas tanah, sengketa tenaga kerja,ketidakharmonisan kemitraan perusahaan dengan komunitas, kriminalisasi penduduk desa, dan skandal politik tingkat tinggi termasuk penerbitan izin ilegal untuk konversi hutan alam untuk perkebunan kelapa sawit dan areal perkebunan di kawasan hutan yang dilindungi dan taman-taman nasional.(March 2010 Published by Greenpeace International Ottho Heldringstraat 51066 AZ Amsterdam).


Hutan-hutan di dunia adalah rumah bagi sekitar dua-pertiga dari semua spesies
tanaman dan hewan di darat. Mereka membentuk berbagai ekosistem yang paling beragam di dunia dan sangat penting untuk kesehatan planet ini. Sementara spesies baru untuk ilmu pengetahuan masih terus ditemukan, banyak spesies yang lebih
terkenal, termasuk orangutan, badak Jawa dan harimau Sumatera beresiko punah karena
hilangnya habitat alami mereka. Bagaimana dengan flora dan fauna di Mentawai ketika perusahaan sawit masuk? 4 macam binatang endemik Mentawai akan hilang begitu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERIKAN KOMENTAR YANG LAYAK